Satlantas Polres Indramayu Sosialisasikan Tilang Elektronik

 

Indramayu, jurnalpelita.com— Sesuai kebijakan Kapolri Jenderal Sigit Prabowo yang melarang tilang manual, Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Indramayu melaksanakan himbauan atau sosialisasi bagi pengguna jalan raya terkait tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) dengan penerapan e-TLE ini, Satlantas polres Indramayu bakal menggunakan Handphone (HP) untuk menindak pelanggar pengguna jalan raya. Jum’at 02/12/2022.

Saat ditemui oleh kontributor jurnalpelita.com Kasat Lantas Polres Indramayu Angga Handiman SH. MM, melalui Kaurmintu Aipda shoppy murinto SH, mengatakan khususnya di kabupaten Indramayu, satlantas polres Indramayu sudah melaksanakan tilang elektronik mobile, tapi tilang tersebut masih dalam bentuk sosialisasi dan himbauan sampai dengan Januari 2023.

“Tilang elektronik dengan tujuan utama dari penerapan ETLE adalah menciptakan budaya tertib berlalu dan meminimalisir komunikasi dan waktu yang terbuang dengan pelanggar lalu lintas dengan petugas satlantas, bila mana terdeteksi atau tertangkap tangan secara kasat mata tidak menggunakan helm petugas hanya memotret atau di poto pelanggar berikut kendaraannya dengan hp saja,” terangnya.

Lanjutnya, proses tilang elektronik ini bagi pelanggar tidak ada barang bukti yang di tahan namun korelasinya ke kantor pajak atau data kendaraannya ke kantor samsat, apa bila tidak terkonfirmasi oleh pemilik kendaraan maka kendaraan tersebut bisa di blokir, namun saat ini masih tahap sosialisasi jadi tidak ada pemblokiran, konfirmasi lebih jelasnya bagi pelanggar penguna jalan yang kena tilang elektronik bisa datang ke Polres Indramayu di unit lantas.

“Untuk batas konfirmasinya 14 hari dari data Validasi yang di kirimkan surat tilang melalui kantor post yang di tujukan kepada pelanggar tersebut,” terangnya.

Kajen

Comments
Loading...