Sambut World Cleanup Day, Forkopimda Indramayu Laksanakan Bersih Bersih Sungai Cimanuk Lama

Sebagai manusia selayaknya tidak melupakan sejarah, pastinya cimanuk ini ada sesuatu sejarah tentang kelahiran Indramayu.

Demikian yang disampaikan oleh Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina pada saat melaksanakan momen World Cleanuap Day (WCD) di areal sungai cimanuk lama. Selasa, 21/9/2021.

Nampak hadir dalam kegiatan itu, Dandim 0616/Indramayu Letkol Inf Teguh Wibowo S.Sos, Kapolres Indramayu AKBP Lukman M Syarif, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aep Surahman, Dwinanto General Manager Polytama dan Kepala cabang BJB Asep Wahyu Ismail.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan rasa syukurnya karena atas dukungan dari pihak lain, Pemda Indramayu bisa melaksanakan momen peringatan WCD.

“Kita mewujudkan ini menuju lebih bersih lagi, dan masyarakat lebih peduli lagi dengan kebersihan,” Terangnya.

Dia berharap, bahwa masyarakat Indramayu tidak lagi membuang sampah sembarangan terutama di areal sungai cimanuk, sebab kata dia, masyarakat menganggap bahwa sungai yang ada di Indramayu ini sebagai tong sampah yang besar, sehingga buang sampah sembarangan.

 

 

 

 

 

“Sebentar lagi musim hujan, akhirnya banjir karena sampah yang tersumbat, faktor terpenting adalah menjaga kebersihan,” Tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0616/Indramayu menyambut positif terkait kegiatan tersebut, sebab kata dia kebersihan merupakan bagian dari iman.

“Kita semua harus menjaga kebersihan di lingkungan kita, dan itu timbul dari kesadaran dan kepedulian kita semua,” Katanya.

Dandim mengajak, kepada seluruh masyarakat Indramayu untuk mendukung soal kebersihan lingkungan.

“Apa lagi ini demi kebaikan kita semua,” Ujarnya.

Sementara, Dwinanto General Manager Polytama menuturkan, pihaknya mendukung terhadap program yang dilaksanakan oleh pemda Indramayu, dalam hal ini pihaknya selalu berperan aktif dalam World Cleanup Day tersebut, dengan harapan supaya masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan.

“Kita juga berusaha untuk menjaga dan menata kembali sungai cimanuk lama ini yang Insya Allah jadi objek wisata kedepannya,” Terangnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala cabang BJB Asep Wahyu Ismail, pihaknya selalu mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Indramayu.

“Prinsip kita kurangi kompetisi, perbanyak kolaborasi,” Ucapnya.

Sementara, Aep Surahman selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Indramayu dalam kesempatan yang sama menuturkan, momen peringatan World Cleanup Day merupakan gerakan pilah dan pungut sampah, dalam hal ini ia menyebut terdapat tiga jenis sampah yakni, sampah organik, non organik dan sampah logam, dan tentunya jika sudah dipilah akan memudahkan pemerintah daerah dalam hal untuk pemanfaatan kembali, Aep menambahkan dalam kategori pungut sampah ia menyebut, sebagai salah satu bagian dari edukasi kepada masyarakat agar sampah tersebut tidak dibuang sembarangan.

“Kebetulan sungai cimanuk ini merupakan sumber air baku (PDAM), bagaimana air yang kita terima ini dimanfaatkan untuk membuang sampah sembarangan sehingga menjadi kotor,” Ujarnya.

Adam P

Comments
Loading...