Pimpin Rapat Kerja Plt Kabiro Organisasi Setda Sultra Tingkatkan Kinerja Kemajuan Sulawesi Tenggara

Kolaka Timur, jurnalpelita — Dalam rangka memaksimalkan kinerja, Biro Organisasi Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan Rapat Kerja yang diselenggarakan selama 2 hari dimulai pada Kamis 27-28 Mei 2021 di Triwuta Kolaka Timur.

Acara Raker yang dihadiri Bupati Kolaka Timur, Sekda Kab. Kolaka Timur, Para Bagian Organisasi Wilayah Daratan Beserta Staf Kabupaten dan Kota se Sulawesi Tenggara dan para Kepala OPD se Kabupaten Kolaka Timur diharapkan mampu memajukan kinerja dimasing-masing bagian.

“Kami Ucapkan Terima Kasih Kepada Ibu Bupati Kolaka Timur Dan Jajarannya Yang Telah Bersedia Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Rapat Kerja Biro Organisasi Dan Bagian Organisasi Wilayah Daratan Se Sulawesi Tenggara,” Kata Plt. Kepala Biro Organisasi Setda Sultra Adi Yusuf Tamburaka, S.Sos, M.H Dalam sambutannya pada Kamis, 27/5/2021 mewakili ucapan Gubernur Sultra Ali Mazi.

“Dengan diselenggarakannya Raker Hari ini, dan Raker ini adalah perdana yang digelar karena sebelumnya belum pernah digelar Mari tingkatkan kinerja untuk kemaslahatan Masyarakat,” Ujar AYT.

Lebih lanjut AYT Panggilan Akrab Plt Kabiro Organisasi menuturkan, Kegiatan Ini Dilatar belakangi Oleh Banyaknya Tugas Biro Organisasi Dan Bagian Organisasi Yang Harus Segera Diselesaikan, Sehingga Perlu Diadakan Rapat Kerja Untuk Menyatukan Persepsi.

Dijelaskan AYT, Peraturan Gubernur Nomor 43 Tahun 2020 Biro Organisasi Mempunyai Tugas Dan Fungsi Menyiapkan Bahan Pembinaan Dan Petunjuk Teknis Dibidang Kelembagaan, Analisa Jabatan, Tata Laksana Pemerintahan, Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Kinerja, Pelayanan Publik Dan Kepegawaian.

Namun, Sambung AYT, Disisi Lain Biro Dan Bagian Organisasi Dengan Tugas Dan Fungsi Yang Begitu Banyak Namun Tidak Didukung Dengan Sarana Dan Prasarana Kerja Serta Sumber Daya Manusia Yang Memadai, Hal Ini Menjadi Tantangan Tersendiri Bagi Biro Dan Bagian Organisasi Dalam Mewujudkan Penyelesaian Tugas Dan Fungsinya.

Oleh Karena Itu, Tambah AYT, Rapat Kerja Pada Hari Ini Perlu Diadakan Guna Mencari Solusi Yang Akan Menjadi Kesepakatan Bersama Yang Nantinya Akan Diajukan Ke Pimpinan Tertinggi Bahkan Ke Pemerintah Pusat Selaku Penyusun Kebijakan.

Selanjutnya, Lanjut AYT, Pada Rapat Kerja Hari Ini, Biro Organisasi Provinsi Sulawesi Tenggara Akan Menyampaikan Beberapa Paparan Terkait Tugas Dan Fungsi Sebagai Pembina Bagi Kabupaten Dan Kota Serta Ajang Sharing Informasi Terkait Tugas-Tugas Krusial Yang Harus Diselesaikan Dalam Waktu Dekat Paling Lambat Bulan Juli 2021.

AYT membeberkan, Rapat Kerja Ini Belum Pernah Diselenggarakan Namun Mulai Tahun Ini Biro Organisasi Provinsi Sulawesi Tenggara Akan Menjadikan Agenda Utama Dan Rutin Biro Organisasi Dan Bagian Organisasi Kab/Kota Untuk Dilaksanakan Setiap Tahun Guna Mendorong Penguatan Kelembagaan Yang Tepat Fungsi, Tepat Ukuran Tepat Proses Dan Bersih Melayani.

Makna Dari Tepat Fungsi, Tepat Ukuran Tepat Proses Dan Bersih Melayani Adalah Tepat Ukurannya Didalam Pembentukan OPD Benar-Benar Disesuaikan Dengan Kondisi Daerah Itu Sendiri, Dilihat Dari Semua Aspek Misalnya. Aspek APBD-nya, Jumlah Penduduk, SDM, Luas Wilayah, Dll Sehingga Dibentuknya OPD Baru Tidak Hanya Untuk Memenuhi Ketersediaan Jabatan.

“Tepat Proses Dimaksudkan Agar Standarisasi Pengelolaan Administrasi Pemerintahan Telah Sesuai UU No 30 Tahun 2014,” Jelas AYT.

Hal Ini Dalam Rangka Mendorong Peningkatan Pelayanan Publik Bersih Melayani Artinya Pelayanan Prima Tanpa Cacat Sehingga Kita Terbebas Dari Konsekuensi Hukum.

“Saya Yakin Apabila Kita Bersungguh-Sungguh Menerapkan Hal Tersebut Insya Allah Nilai Lakip Dan Rb Prov. Sulawesi Tenggara Kab /Kota Dapat Kita Raih Dengan Predikat A,” Tegas AYT.

Kegiatan Ini Dikemas Dalam Kegiatan Pembinaan Pelayanan Publik, Evaluasi Penataan Kelembagaan Kab/Kota. Evaluasi Penyusunan SOP/Peta Bisnis, Pembinaan Pelayanan Publik, Sosialisasi Budaya Kerja Dan Kode Etik Pegawai.

“Kami Harapkan Para Peserta Dapat Mengikuti Kegiatan Ini Secara Seksama Dan Serius Sehingga Antara Organisasi Provinsi Dan Organisasi Kab/Kota Dalam Melaksanakan Tugas Pokok Dan Fungsinya Dapat Terlaksana Dengan Baik Sehingga Di Masa Mendatang Kita Dapat Membangun Organisasi Yang Kuat, Dalam Mewujudkan Good Governance,” Tambah AYT.

Ditahun ini, Sambung AYT, Kami di Biro Organisasi Setda Sultra akan Konsentrasi untuk terus membuat terobosan-terobosan demi kemajuan Sultra dalam rangka membantu kinerja Pak Gubernur Ali Maji.

Sebagai informasi, Untuk peserta Acara Raker dihadiri dari perwakilan Daerah seperti, Kabag Organisasi Kabupaten Bombana dan Kasubag Beserta Staf, Kabag Organisasi Kabupaten Konawe Selatan dan Kasubag Beserta Staf, Kabag Organisasi Kabupaten Konawe dan Kasubag Beserta Staf, Kabag Organisasi Kabupaten Konawe Utara dan Kasubag Beserta Staf, Kabag Organisasi Kabupaten Kolaka Timur dan Kasubag Beserta Staf, Kabag Organisasi Kabupaten Kolaka Utara dan Kasubag Beserta Staf, Kabag Organisasi Kabupaten Kolaka dan Kasubag Beserta Staf, Kabag Organisasi Kota Kendari dan Kasubag Beserta Staf.(*/Red)

Comments
Loading...