Menteri KKP RI, Resmikan Cold Storage TPI Karangsong Indramayu

 

Indramayu, jurnalpelita.com— Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, meresmikan COLD STORAGE dengan berkapasitas 300 ton ikan di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Karangsong Kabupaten Indramayu, keberadaan gudang beku di Karangsong yang memiliki kapasitas 300 ton menjadi yang terbesar di Kabupaten Indramayu. Diharapkan keberadaannya bisa menjaga kualitas mutu hasil tangkapan dan berperan sebagai tempat penyedia stok ikan permusim dan menjadikan upaya penerapan tenaga kerja dan peningkatan skala usaha nelayan serta olahan pemasaran hasil perikanan. Jumat 11/08/ 2022.

Dalam peresmian TPI Karangsong Indramayu COLD STORAGE 300 TON di hadiri, Mentri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, Kementerian Koperasi dan UMKM RI Riza Damanik, Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono, Pejabat Eselon I Lingkup KKP dan Penasihat Menteri, Rohmin Dahuri, Staf Khusus KKP, Kepala Diskanla Provinsi Jawa Barat dan unsur Forkopimda Kabupaten Indramayu.

 

 

 

 

 

Mentri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono menjelaskan bahwa kabupaten Indramayu selain lumbung padi nasional dan pangan, disini juga harus menjadi salah satu sentra perikanan yakni syaratnya infrastruktur perikanannya harus dibereskan, karena disini dekat dengan pasar maka tentu saya kira salah satunya ada cold storage yang dibangun ini.

Adanya tempat TPI di karangsong Indramayu dengan kapasitas 300 Ton mampu memberikan fungsi sebagai pusat distribusi produk perikanan yang kemudian diharapkan membangkitkan ekonomi masyarakat nelayan.

“Dengan adanya cold storage kapasitas 300 ton, kita tetap optimis perolehan pendapatan perikanan di Indonesia khususnya di Indramayu bisa meningkat demi menuju nelayan yang sejahtera,” ucapnya.

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, Kabupaten Indramayu berkontribusi sebanyak 34,8% produksi perikanan di Jawa Barat dan ini menjadi yang terbesar dari daerah lain di Jawa Barat.
Dengan adanya cold storage menjadi suatu hal penting bagi Kabupaten Indramayu karena sebagaimana diketahui bahwa Indramayu merupakan kabupaten yang memiliki potensi pengelolaan sumber perikanan yang sangat besar.

“Begitu pula ragam ekonomi sektor kelautan dan perikanannya cukup lengkap mulai usaha perikanan tangkap, perikanan budidaya, penggaraman rakyat dan pengolahan hasil perikanan,” terangnya.

Kajen

Comments
Loading...