Jaka Tarub dan Nawang Wulan, warnai kemeriahan Unjungan Buyut Penganjang

 

Sebagai upaya melestarikan budaya serta bentuk penghormatan kepada leluhur, Pemerintah Desa Penganjang, Kec. Sindang, Kab. Indramayu menggelar acara adat Unjungan (Kunjungan) ke makam Jaka Tarub selaku Buyut (Leluhur) Desa Tersebut yang akan dilaksanakan pada hari minggu 14/11/2021.

Sebelum memasuki puncak acara Unjungan ke Buyut Jaka Tarub, panitia Unjungan melakukan persiapan dengan diisi berbagai acara lain serta hiburan, salah satu yang menonjol dalam acara ini ialah diadakannya lomba Nang Nok (Jaka Tarub dan Nawang Wulan) yang diikuti oleh anak-anak muda Desa Penganjang.

Dalam kesempatan itu, Asep Kriwil yang merupakan salah satu panitia Unjungan menyampaikan apresiasi kepada para remaja Desa Penganjang, karena menurut dia, dalam acara adat ini diikuti oleh berbagai usia dari yang masih usia dini hingga para orang tua.

 

 

 

 

“Alhamdulillah, saya pribadi merasa bangga kepada pemuda pemudi dan seluruh masyarakat Desa Penganjang yang begitu kompak sehingga acara ini berjalan dengan lancar,” Ujarnya saat usai mengikuti malam puncak acara Unjungan. Sabtu, 13/11/2021 malam.

Pria yang dikenal pelantun lagu “Turu Ning Pawon” ini menuturkan, tujuan diselenggarakannya acara tersebut untuk mengenang sesepuh Desa Penganjang. Kepada anak muda khususnya Desa Penganjang, dia berpesan untuk tetap menjaga persatuan, serta menjaga kekompakan agar acara budaya Unjungan di Desanya tetap terjaga untuk kedepannya.

Semetara dalam kesempatan yang sama, Afif Albisyah Riwanto salah satu pemenang juara 1 lomba Nang (Jaka Tarub) mengatakan, ia merasa bangga karena dirinya ikut langsung dalam memeriahkan acara Unjungan yang diadakan tiap tahun ini.

Afif albisyah riwanto dan Wineke rahmah wati

“Untuk generasi penerus agar lebih berani dalam menghadapi berbagai even yang akan dijalani,” Ujarnya

Hal senada juga disampaikan oleh Wineke Rahmah Wati yang memenangkan juara 1 untuk perlombaan Nok (Nawang Wulan), dia menuturkan dalam even yang dilaksanakan setahun sekali ini pihaknya merasa bangga karena bisa ikut serta dalam hal melestarikan budaya Desa Penganjang.

“Senang dan bangga sekaligus terharu, karena saya telah menjadi bagian dalam acara unjungan Buyut (Leluhur) Desa Penganjang,” Tuturnya.

Nok Wineke berharap, agar semua orang tua tetap mendukung kreatifitas anak-anaknya.

 

Adam P

Comments
Loading...