HUT Indramayu ke 495, Bupati Nina Agustina Sampaikan Pesan Ini

Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indramayu yang menjadi acara Puncak Peringatan Hari Jadi Indramayu ke-495 berlangsung khidmat pada Jum’at (7/10/2022).

Rapat Paripurna DPRD Indramayu dalam rangka Hari Jadi Indramayu itu dihadiri Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar, Wakil Bupati Indramayu, Ketua DPRD Indramayu beserta para Wakil Ketua dan anggota DPRD Indramayu, Sekda Indramayu, kepala perangkat daerah, mantan Bupati Indramayu, Anggota DPR RI dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Indramayu Nina Agustina menyampaikan selamat Hari Jadi Kabupaten Indramayu ke-495 kepada seluruh masyarakat Indramayu dimana pun berada. Nina berharap, semoga Kabupaten Indramayu menjadi kabupaten yang semakin Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat (Bermartabat).

Dikatakan Bupati Nina, peringatan Hari Jadi Indramayu ke-495 dilakukan dengan berbagai rangkaian kegiatan perayaan baik berupa seni budaya, seperti pemecahan rekor Muri 6001 topeng , pameran pembangunan yang melibatkan instansi, pemerintah kecamatan, desa dan UMKM dan lainnya serta hiburan rakyat sebagai apresiasi terhadap pencapaian karsa, karya dan budaya yang telah diperjuangkan oleh para leluhur di Bumi Wiralodra.

Menurutnya, peringatan Hari Jadi Kabupaten Indramayu harus dimaknai sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas dinamika perjalanan pembangunan sejak terbentuknya Kabupaten Indramayu hingga saat ini.

“Peringatan Hari Jadi Kabupaten Indramayu sepatutnya dijadikan momen bagi kita semua sebagai generasi penerus untuk selalu mengingat dan mengenang usaha-usaha luar biasa pada pejuang, perintis dan pendiri Kabupaten Indramayu yang telah memberikan kontribusi nyata dalam pencapaian pembangunan di Kabupaten Indramayu sampai sekarang,” katanya.

Mengingat sebagai wilayah yang telah berumur 495 Tahun Kabupaten Indramayu telah menapaki perjalanan sejarah yang panjang dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Bupati Nina mengajak, seluruh para komponen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam peningkatan pembangunan di Kabupaten Indramayu dan menjadikan ulang tahun ke 495 sebagai refleksi terhadap apa yang telah dan kita lakukan demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Indramayu.

Selanjutnya dengan tema ulang tahun hari ini yakni “Pulih dan Bangkit Pasca Covid dengan Ketahanan Pangan, Budaya dan Ekonomi Kreatif ” hendaknya dapat menginspirasi semua pihak untuk senantiasa memperkuat rasa kebersamaan, persatuan dan semangat gotong royong yang menjadi spirit dan motivasi bagi masyarakat untuk menuju Indramayu Bermartabat.

“Syukur Alhamdulillah dengan rasa persatuan dan kebersamaan dalam memulihkan perekonomian pasca Covid-19 Kabupaten Indramayu mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Terbaik 1 Daerah Pertumbuhan Investasi Penanaman Modal Asing Terbaik Tahun 2022. Ini bukti bahwa Kabupaten Indramayu telah menjadi tujuan investasi penanaman modal asing sebagai daerah yang nyaman berinvestasi. Pembuktian tersebut merupakan keberhasilan kita dalam kebangkitan perekonomian Kabupaten Indramayu,” tambahnya.

Selain itu, patut berbangga diri karena ditengah gempuran pandemi yang begitu menyulitkan pemerintah Kabupaten Indramayu mampu berprestasi yang membanggakan seperti halnya Kabupaten Indramayu mendapatkan Penghargaan dari Kementerian Pertanian RI sebagai kabupaten produksi padi terbesar Tahun 2021 se-Indonesia dengan capaian 1,3 juta ton pertahunnya.

“Untuk itu ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada para petani dan para pelaku usaha di bidang pangan yang telah berkontribusi dalam pencapaian Indramayu sebagai lumbung pangan nasional,” ungkapnya.

Kemudian terdapat kebahagiaan lain yaitu kaligrafis batik tulis complongan yang telah diakui sebagai warisan budaya asli Indramayu serta pengakuan terhadap tenun gedogan yang masuk dalam warisan budaya tak benda nasional Tahun 2022.

“Capaian-capaian ini menjadi hal luar biasa yang menjadi bekal dan penyemangat kita semuanya dalam berupaya menjadikan Kabupaten Indramayu yang semakin maju, unggul dan bisa sejajar dengan kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat bahkan di tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabuapten Indramayu mengatakan, sebagai warga Indramayu yang senantiasa cinta, bangga dan ingin terus berkontribusi terhadap pembangunan di Bumi Wiralodra, dirinya juga mengajak hari jadi ini dijadikan sebagai momentum penting mengenang masa lalu dan melakukan perubahan untuk peningkatan pembangunan demi kemajuan masa depan daerah ini.

Mengenang masa lalu dalam seremoni ini memang perlu tetapi tidak kalah penting sebagaimana kita mampu mengaktualisasikan nilai-nilai positif warisan masa lalu ke dalam aksi nyata untuk membangun Bumi Wiralodra agar semakin maju.

“Sebagai Visi Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yakni terwujudnya Indramayu Bermartabat. Dengan berpedoman pada Visi Indramayu Bermartabat, Bupati Indramayu Nina Agustina berupaya membawa Kabupaten Indramayu menuju arah perubahan yang lebih baik, baik kemajuan fisik material maupun mental spiritual yang dapat dilaksanakannya oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Indramayu,” ujarnya.

Menurutnya, Hari Jadi Indramayu yang ke-495 ini yang mengusung “Pulih dan Bangkit Pasca Covid-19, Dengan Ketahanan Pangan, Budaya dan Ekonomi Kreatif ” dinilai tepat untuk bertindak nyata dan tanggap terhadap tantangan dan perkembangan zaman, berdaya saing tinggi ditengah persaingan. Salah satunya ketahanan pangan merupakan kelugasan untuk kembali bangkit dan mampu meningkatkan stabilitas dan inovasi guna kemajuan pembangunan di Kabupaten Indramayu.

DPRD Kabupaten Indramayu bersama Pemerintah Kabupaten Indramayu berupaya melakukan perubahan demi masyarakat Indramayu. Namun demikian DPRD Kabupaten Indramayu bersama Pemerintah Kabupaten Indramayu akan selalu hadir dalam setiap nafas kehidupan rakyat Indramayu dan selalu hadir ditengah-tengah rakyat untuk satu arah tujuan demi kehidupan yang sejahtera bagi rakyat Indramayu.

“Terlaksananya pembangunan yang terpadu di seluruh Kabupaten Indramayu untuk mewujudkan Kabupaten Indramayu yang Bermartabat tentu kita harus semangat guyub, rukun dan bersatu padu antara pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Indramayu,” ujarnya.

Comments
Loading...