Dandim 0616/Indramayu pimpin langsung penanaman 600 Bibit mangrove di Desa Tanjakan

 

Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia, Komando Distrik Militer (Kodim) 0616 Indramayu, tanam 600 bibit pohon mangrove di Desa Tanjakan, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Jawa barat, pada Senin (28/11/2022).

Penanaman bibit pohon mangrove yang dilakukan tersebut dilaksanakan secara serentak oleh Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi bersama Gubernur Jawa barat.

Selain menanam pohon mangrove, Kodim 0616 bersama Dinas terkait akan melakukan penanaman sejumlah bibit pohon buah-buahan di lahan lainnya yang terkena abrasi.

“Kami melibatkan seluruh stakeholder. Sebenarnya ini adalah landing sektor dinas lingkungan hidup Jawa barat dan Indramayu. Kodim hanya sebagai penggerak, mengajak kepada jajaran pemerintah daerah hingga perangkat desa dan pelajar”, Kata Dandim 0616 letkol Arm Andang Radianto.

Dandim berharap, esensi dari kegiatan tersebut dapat mengajarkan kepada masyarakat dan pelajar terutama bagi generasi muda bahwa menanam pohon merupakan hal yang paling penting untuk menyelamatkan dunia.

Senada apa yang disampaikan A Wadi, Kepala Desa (Kuwu) Tanjakan, usai melakukan penanaman pohon, ia optimis serta berkeyakinan agar desanya dapat menjadikan contoh bagi desa lain untuk dapat berkembang serta tidak terdampak oleh abrasi ketika sedang pasang.

“Saya berharap agar desa saya dapat maju tidak seperti yang dulu, dan mudah-mudahan dengan adanya penanaman mangrove desa saya tidak terkena abrasi lagi”, ujar Wadi saat di wawancara. (*)

Comments
Loading...